SUPER INSURGENT ARMY SITE

SUPER INSURGENT ARMY SITE

Rabu, 23 Februari 2011

JAM MINUS ALAT

Meskipun gw udah lepas dari ujian, tapi hari ini, 23 Februari 2011, gw masih pergi ke kampus dengan 1 tujuan. L.E.M.B.U.R
Hahaha, emang sesuatu istilah yang janggal terasa mengingat gw sendiri masih berada di bangku kuliah, dan tentu saja belum kerja.

Seperti dari posting gw sebelumnya mengenai jam minus dan jam plus. Gw sedang mendapat jam minus yang lumayan gede lah kalo menurut gw…yakni sekitar 200 jam. Otomatis gw harus membayar jam minus tersebut bila masih pengen kuliah.

Hanya 1 alat sebenernya yang gw rusakin, berbeda dengan temen2 gw yang sering ngrusakin alat, tapi nggk pernah ngecapai minus yang gw alamin.
Gw Cuma bikin gempal sebuah batu gerinda. Batu gerinda sebuah mesin gerinda permukaan (surface grinding) NC yang berbentuk bulat, menjadi ada satu coakan besar di salah satu sisinya….

Bayangin aja kalo batu gerinda tersebut adalah sebuah ban motor, wkwkwkwk
Bisa goyang2 g karuan tuh badan sang pengemudi kaya naik odong2 kalo make ban yang punya coak segede itu…

Pertama2nya c gw g nyangka kalo bakalan dapet minus segede itu, scara gerinda cm berfungsi sebagai penghalus permukaan benda, n nggk mbikin bentuk2 baru yang bernilai wah

Gw ngrusakin batu gerinda itu pas gw lagi ngerjain tes grinding, ngebikin benda kotak dengan ukuran presisi, kesejajaran n kesikuannya bagus, dengan tingkat kehalusan yang tinggi.

Kejadian ini g bakalan terjadi kalo instruktur grinding gw nggak ngbikin benda kasarnya memiliki kesikuan 0.3, atau kalau gw setting zero positionnya nggak salah.

Gila kan, suatu benda grinding dibuat nggak siku segede itu….ckckck
Padahal tujuannya aja bikin halus permukaan, kenapa coba ampe dibikin ukuran awal yang bisa membahayan operator….?


Meski nilai rata2 permesinan gw termasuk lumayan di kampus, tapi gw selalu hati-hati kalo mengoperasikan mesin, cek semuanya dulu bener apa nggak, baru deh gw jalanin mesinnya. Entah lagi apes atau apa, pas di bidang terakhir dengan pencekaman yang kuat (benda tercekam pada meja magnet dan 2 besi kotak sebagai penyangga) musibah itu datang. Gw seting zero position batu tepat di tengah2 benda.
itu kesalahan terbesar gw, seharusnya gw seting zero pada bidang tertinggi dari benda kerja. Gw nggk mikir sejauh itu, soalnya estimasi pengerjaan gw yang udah lewat, dan waktu hampir nunjukin jam 4, atau waktu cleaning.

Setelah seting zero di tengah benda, gw ngejalanin batu gerinda secara manual ke arah melintang menjauhi gw (titik tertinggi ada di arah melintang di deket gw)
Abis itu gw jalanin mesin, dan jalanin otomatis pneumatic secara perlahan terlebih dahulu. Gw masih belum tau kalo setingan zero gw itu salah setelah batu gerinda bergerak melintang dan memanjang sebanyak 2x, baru setelah itu…..DAaaannngG
Bunyi keras benda kerja dan penyangga besi yang terlempar mengenai cover besi mesin yang berada di kiri mesin. Gw nggak sadar kalo benda gw lah yang bikin bunyi sekeras itu, karena gw praktek berbarengan di ruangan yang sama ama bocah2 cnc dan orang produksi.

Gw abis itu ngliat ke meja mesin gw, dan ternyata tinggal 1 batang besi penyangga yang tersangkut di meja magnet mesin…..
“hlah, benda gw mana” dalam hati gw
Spontan
Langsung gw tekan tombol emergency dan ketawa ketiwi sejenak ama bocah2 gara2 kejadian yg gw bikin, trus lapor ke instuktur….

Setelah balik lagi, ternyata batu gerinda udah lepas dari cekaman spindle dan meja magnet ada luka coakan yang lumayan dalem…

Mampus dah gw, soalnya gw udah tau kisaran harga batu gerinda yang biasa dipakai itu….sekitar jutaan rupiah, entah tepatnya berapa.

Setelah di itung2, ternyata batu gerinda itu berharga 3juta dan kerusakan meja magnet tersebut dinilai 1juta…..gila, duit dari mana gw bisa nebus barang kaya gitu.


Nilai kerusakannya dibagi 2 antara gw ama kampus, dan diperhitungkan sesuai dengan kondisi batu yang tinggal 50% dan sekarang menjadi 10%.

Sampailah gw dapet minus 170 jam ditambah minus murni gw yang disebabin gw yang beberapa kali bolos kuliah….200 sudah, gw harus bayar itu dengan lembur-seperti ini. Untung masih ada computer di ruang praktek, jadi penulis masih bias menulis :)


Posting terkait
jam minus dan jam plus

3 komentar:

  1. sabar yaa
    lembur aja yg rajin
    hahahaa

    BalasHapus
  2. Sabar Boy..
    It Very very hard for U..
    I'm sad to hear that..
    but, Keep Fighting yeah
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus