SUPER INSURGENT ARMY SITE

SUPER INSURGENT ARMY SITE

Selasa, 01 Maret 2011

LANGKAH MENCIPTAKAN LAGU


Kalau anda sudah tertarik atau berminat lebih dengan MUSIK, mengapa tidak mencoba untuk mewarnai musik dengan sebuah lagu ciptaan anda? dari pada membuang waktu luang anda, lebih baik anda menyempatkan diri untuk sesuatu yang berguna, pencurahan akan perasaan dan kemampuan anda dalam bermusik.

Saya hanya mencoba berbagi tips dan trik, karena kita semua tau bahwa sampai saat ini belum ada Sekolah khusus untuk menciptakan lagu, atau universitas Musik dengan jurusan khusus menciptakan lagu bukan?
Pertama, Lirik atau Irama?

Pilihan opsi di atas adalah tidak baku kalau seseorang mencipta sebuah lagu dimulai dari lirik atau dari irama. keduanya bisa sama-sama menjadi jurus pertama dalam mencipta lagu. Contoh yang sering dilakukan kawan saya, sebelum lagu tercipta, langkah awal yang dia kerjakan adalah membuat kata-kata/lirik seperti halnya membuat sebuah puisi. Dari kata-kata itu kemudian dia laraskan dengan irama sampai akhirnya menjadi sebuah lagu. Adalagi yang biasa dilakukan teman saya yang lain, dia mencari-cari irama terlebih dahulu, kemudian membubuhkan dan menyesuaikan liriknya dengan irama.

lirik dulu? atau irama dulu?, semua tergantung inspirasi yang datang pe
rtama kali menghampiri kita

Kebiasaan saya sendiri dalam mencipta lagu adalah mencari nada-nadanya terlebih dulu, baru lirik menyusul belakangan.
Haruskah Bisa Bermain Musik?

Ini pertanyaan yang sering terlontar dari kawan-kawan yang ingin belajar membuat lagu. Jawabannya adalah TIDAK. Seorang Melly Goeslow dan Titiek Puspa saja dengan karya-karya lagunya yang super ok tidak bisa memainkan alat musik, termasuk Gesang sang pencipta lagu Bengawan Solo.

Saya yakin, setiap bait puisi, atau ungkapan hati Anda, bisa dijadikan sebuah lagu. Karena lagu adalah “ungkapan hati, suasana dan rasa”.
Contoh?

Langsung saja ke contoh kali ya?!, berikut sebuah lirik lagu yang saya ciptakan pada 16 Maret 2009. Inspirasi lagu ini datang ketika saya mendengarkan curhatan seorang kawa
n saat jam makan siang. Ambil gitar, tulis lirik, dan langsung rekam dengan alat seadanya.

Dengan sentuhan tangan teman, yang sudah Profesional di bidangnya, lagu yang sederhana ini bisa dibuat lebih seru lagi.


Ringkasan Tips langkah - langkah Menciptakan Sebuah Lagu:

* Tuangkan kata-kata/ kalimat yang terlintas di benak Anda di atas kertas (langsung!, jangan di tunda-tunda)
* Rekam dengan alat seadanya irama-irama yang terlintas di benak Anda (Langsung!, jangan ditunda-tunda)
* Jangan terpaku kepada aliran/Jenis Musik tertentu (yang enak menurut Anda saja dulu), karena hasil akhir lagu anda bisa dibuat jadi berbagai aliran.
* Hanya tentukan satu tema saja di setiap lagu yang akan Anda bikin, biar yang mendengarkan bisa cepat nangkap isi lagu yang Anda ciptakan

tags :
belajar menciptakan lagu , mencipta lagu

3 komentar: